Kamis, 11 Februari 2010

Batik Paoman

Batik Indramayu atau Batik Dermayon sangat identik dengan batik Paoman, karena pusat pengrajin dan penghasil batik di Indramayu berada di wilayah ini dan sekitaran wilayah Pabean Udik.

Para perajin batik di Paoman menggunakan teknik batik tulis seperti lukisan, tiap guratannya berbeda. Liukan -liukan coretan batik Indramayu bagai penari . Ini akan terlihat (setidaknya untuk saat ini) berbeda bila motif-motif batik Indramayu dibuat menggunakan teknik printing, cap atau penggunaan alat lainnya.


Perkembangan teknologi, mengantarkan batik Indramayu semakin terkenal. Banyak pemburu batik, baik untuk koleksi maupun untuk keperluan acara-acara tertentu yang tertarik dengan batik Indramayu ini. Salah satu yang sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk memasarkan batik ini adalah Hj.Siti Ruminah Sudiono, pendiri CV. Paoman Art. Salah satu perajin batik yang konsisten dengan motif khas Indramayu.

Berawal dari kepedulian akan budaya daerah khisusnya batik, saat ini batik Indramayu sudah menembus pasar internasional. Berbagai event sudah diikuti. Penelitian dan pengembangan batik Dermayon mampu menyerap tenaga kerja daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup pera perajin batik. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam memajukan batik Dermayon.

Anda tertarik dengan motif batik Dermayon? Berburu batiklah sekarang juga….




Tidak ada komentar:

Posting Komentar